PENGANTAR
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
Konsep /
Pengertian Desain dan Grafis
Desain
Grafis pada awalnya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Desain grafis jyga
diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai “desain
interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design).
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain
dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala
sesuatu sebelum bertindak atau merancang.
Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang
berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah
kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi
yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan
elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau
sangat berguna dalam bidang gambar.
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika
Batasan media-media yang mendukung desain grafis
- Percetakan/ printing/ media cetak meliputi desain buku, majalah, poster, pamflet, periklanan, surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain.
- Web Desain
- Animasi / film, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan
- Desain arsitek, desain industri
- Sign system, logo, packaging/kemasan, dll
Unsur desain
grafis
- Garis (Line)
Sebuah garis adalah
unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang
lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi
desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted
line, solid line, dan garis putus-putus.
- Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal
yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah
kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
- Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan
permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau
diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari
suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat
dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
- Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak
antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan
unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam
bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu
obyek (figure) dan latar belakang (background).
- Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain
dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan
unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek
desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca
terlebih dahulu.
- Warna (Color)
Warna merupakan unsur
penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk
visual secara jelas
Software yang
mendukung desain grafis
Adobe Indesign
Adobe PageMaker
Quark Xpress
Adobe FrameMaker
Adobe Ilustrator
Macromedia Freehand
Corel Draw
Adobe Photoshop
Corel Photo Paint
Manga Studio
Adobe After Effect
Macromedia Flash
3Dx Max
Tidak ada komentar:
Posting Komentar