Minggu, 18 Maret 2018



PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS

 

Konsep / Pengertian Desain dan Grafis

Desain Grafis  pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Desain grafis jyga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design).
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang.
Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) Dimensi Keilmuan yaitu :

1. Wawasan Teknologi



2. Wawasan Sains


3. Wawasan Seni


4. Wawasan Sosial Dan Budaya


5. Wawacan Filsafat Dan Etika



Batasan media-media yang mendukung desain grafis

  • Percetakan/ printing/ media cetak meliputi desain buku, majalah, poster, pamflet, periklanan, surat kabar, majalah, tabloid, dan lain-lain. 
  • Web Desain 
  • Animasi / film, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan 
  • Desain arsitek, desain industri 
  • Sign system, logo, packaging/kemasan, dll


Unsur desain grafis
  1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
  1. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
  1. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
  1. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
  1. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
  1. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas


Software yang mendukung desain grafis 

       Adobe Indesign



            
      Adobe PageMaker


      Quark Xpress


      Adobe FrameMaker


      Adobe Ilustrator

 

      Macromedia Freehand



      
       Corel Draw


      Adobe Photoshop


      Corel Photo Paint


          Manga Studio


      Adobe After Effect


      Macromedia Flash


      3Dx Max


 Sumber:






 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar