Apa yang dimaksud dengan ITSM?
ITSM (Information Technology Service Management,
Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis
terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM
merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang
terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi,
pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas
kapan dimulainya.
Ada beberapa Frmaework (Kerangka Kerja) ITSM :
- Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
- Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
- Software Maintenance Maturity Model
- PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
- Application Services Library (ASL)
- Business Information Services Library (BISL)
- Microsoft Operations Framework (MOF)
- eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.
**Contoh Kasus yang saya ambil adalah Framework yang pertama
yaitu, Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
Ada salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang IT. Namun, sebagai perusahaan yang berkembang perusahaan ini
masih mempunyai beberapa masalah terutama pada pemrosesan bisnisnya. Bahwa di
PT ini perlu diterapak system manajemen service desk yang dapat membantu
perusahaan agar meningkatkan kualitas dalam pelaanan kepada client.
Untuk mengatasi maslah tersebut, maka diperlukan system manajemen
service desk yang dapat mempermudah perusahaan dalam menangani serta mengolah
laporan incident dari client. Bukan hanya itu saja system yang diterapkan harus
dapat mengangani masalah, mengelompokan masalah, melakukan penunjukan personal
untuk mengatasi masalah, serta melakukan dokumentasi pada masalah yang sudah
diselesaikan.
Pada system ini pada client dapat membuat call-ticket,
menutup, atau meng-update. Ada bebrapa Tim support yang betugas menyelesaikan
dan menjawab beberapa persoalan yang diajukan oleh client dan tidak dapat
lansung ditangani oleh operator. Administrator sendiri bertugas untuk mengelola
segala hal teknis yang berhubungan dengan sitem, contohnya seperti data
pengguna, serta data produk, dan data perusahaan client. Tim support juga bertugas
untuk memberikan solusi kepada client. Dari pengalaman Tim support itu sendiri
dapat mengatasi berbagai masalah client yang tidak dapat ditangani oleh
operator.
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar